Karisma Honda Cyber Community
October 25, 2014, 07:37:37 PM *
Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length
News: New KHCC Portal
Enjoy!
 
   Home   Help Search Calendar Login Register Forum  
*

User

Welcome, Guest. Please login or register.
October 25, 2014, 07:37:37 PM

Login with username, password and session length

Last 25 Shouts:

 

dhanes

December 12, 2013, 12:04:04 PM
Test
 

dhanes

September 25, 2013, 04:44:26 PM
halo
 

IRWaN HaNDOKO

March 21, 2013, 04:28:34 PM
ben, lo daerah mana?
 

beni_utomo

March 19, 2013, 12:26:12 PM
assalamu\'alaikum,
ada yg tau ga bengkel yg bagus nih...secara udah lama gak di tangani sama montir yg recommended..... sekalian sama modifikasi bagian depan...hehehehe...suwun...

bob #201

September 01, 2012, 08:37:03 AM
wahhh... forum RAME lagi, dan gw baru Ngeh :-P

budisantoso

August 20, 2012, 06:15:04 AM
Hallo, semua... KHCC semakin rame aja, sukses untuk semua dah, dan juga KHCC, semoga semakin populer...
XAMthone,XAMthone Plus
 

Dagienk

July 30, 2012, 09:18:35 AM
koq ga bisa reply yaaa
sama bikin topic baru ?
 

Dagienk

July 30, 2012, 09:10:19 AM
Happy B\'day KHCC ^__^

Show 50 latest
Pages: [1] 2   Go Down
  Print  
Author Topic: Belajar Naik Motor (kopling) Yukkk !!!  (Read 21294 times)
andry
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1379



WWW
« on: July 31, 2008, 10:10:39 AM »

Buat sebagian orang mungkin ini masalah kecil, tapi buat sebagian orang lagi ini sebuah masalah besar, nah punya trik ga nih dalam mengendarai motor pake jenis kopling manual biar selalu nyaman dalam berkendara dan ga bikin capek? misal nya apa yang terjadi jika :

  • Nge-rem tapi tuas kopling ga ditekan apa yang terjadi ?
    Muter gas tapi neken kopling lagi jalan apa yg terjadi ?
    Lagi macet trus masuk gigi 2 sambil neken kopling apa yang terjadi ?

Ayo share share share heuheuheuhue ..............

Logged

KHCC 011
[ Motorcycling - Adventouring - Enjoying Life ]
http://andryberlianto.wordpress.com
http://www.jddc-online.com
Ricky
Cinta KHCC
****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 515


2002 - ...


« Reply #1 on: July 31, 2008, 11:02:10 AM »

Ohhh kirain belajar naik motor kopling, taunya belajar MENGENDARAI motor kopling toh.

Dulu ketika gw masih dikampung, pertama belajar mengendari motot pake motor honda win punya bokap teman gw.
Pertama bingung juga sih mana rem mana kopling. Dulu gw belajarnya dijalan perkebunan karet. pas lagi enak-enaknya belajar tiba-tiba didepan muncul mobil truk yang ngangkut hasil sadapan pohon karet. spotan aja gw teken kopling+rem bersamaan abis itu baru di rem......

Tapi setlah gw lepas kopling tuh motor lgsung meluncur dengan tajam ke got yang ada disamping jalan
Ya uda badan pada lecet-lecet.
Motor itu langsung meluncur tajam karena gas nya ga gw turunin.

Sejak saat itu gw agak trauma klo bawa motor kopling
Logged

'aQ hIDup Bkn Utk diri sendiri, tetapi berusaha memberi yg terbaik bg org laen ( Actio Ergo Sum )

SALAM
b6517kbn#151'
darmo_susilo
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1812



WWW
« Reply #2 on: July 31, 2008, 11:13:06 AM »

* Nge-rem tapi tuas kopling ga ditekan apa yang terjadi ? laju motor akan berkurang dan jika posisi motor sudah
   berhenti maka mesin motor akan segera mati, karena kopling tidak diteken

* Muter gas tapi neken kopling lagi jalan apa yg terjadi ? mesin akan meraung-raung, seperti dalam
   keadaan posisi netral

* Lagi macet trus masuk gigi 2 sambil neken kopling apa yang terjadi ? motor tidak akan jalan,
   karena kopling diteken, selama kopling diteken maka mesin akan terasa seperti posisi netral.

Selamat Belajar Bro ...  udut
« Last Edit: July 31, 2008, 11:16:22 AM by darmo_susilo » Logged

KHCC.055
[/i]
octafiantos
Administrator
Cinta Sejati KHCC
*

Reputasi: -50
Offline Offline

Posts: 1821


me and myself


« Reply #3 on: July 31, 2008, 11:15:27 AM »

ngerem gak teken tuas kopling?
kalo udah pelan, engine brake gak beraturan pas berenti mati :keke:
Logged

--
not using signature
no-q
Administrator
Belahan Jiwa KHCC
*

Reputasi: 3
Offline Offline

Posts: 2041


ohhh yeeahhh....


« Reply #4 on: July 31, 2008, 12:21:38 PM »

hauhuahuahuahua....ndry...ndry...jgn malu2in gw..masa ga bisa bawa motor kopling sih loe...makanya dl kalo belajar naik motor bawa vespa... siul siul
Logged

KHCC 009
andry
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1379



WWW
« Reply #5 on: July 31, 2008, 12:27:41 PM »

hauhuahuahuahua....ndry...ndry...jgn malu2in gw..masa ga bisa bawa motor kopling sih loe...makanya dl kalo belajar naik motor bawa vespa... siul siul

dah bisa kaleeeee bro, gue coba ngejar tips efisiensi nya aja dalam berkendara, siapa tau ada yg punya trik genggam kopling dan gas.... namanya juga ilmu, ga cuma naik terus muter gas dan neken kopling kan hehehehhe ...


Logged

KHCC 011
[ Motorcycling - Adventouring - Enjoying Life ]
http://andryberlianto.wordpress.com
http://www.jddc-online.com
bodats
Pengurus
Cinta KHCC
*

Reputasi: -6
Offline Offline

Posts: 609



WWW
« Reply #6 on: August 01, 2008, 11:06:10 AM »

Ini mungkin tips yang basi, tapi cuma sekedar saran. Gue sering banget lihat orang pake motor kopling (termasuk temen-temen gue), pas berhenti di lamer, persneling kagak dinetralin. Hebat betul tuh orang. Kalo temen2x gue alasannya supaya bisa langsung meluncur ketika lampu hijau. Eh pas gue pake satria fu dan gue praktekin, busyet dahhhh, jari gue pegel banget bro! Mending di netralin aja bro. Lumayan kan, tangan bisa istirahat. Daripada neken kopling terus? He...3x!
Sory bro, kalo tipsnya basi.
Logged

andry
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1379



WWW
« Reply #7 on: August 04, 2008, 10:35:23 AM »

Ini mungkin tips yang basi, tapi cuma sekedar saran. Gue sering banget lihat orang pake motor kopling (termasuk temen-temen gue), pas berhenti di lamer, persneling kagak dinetralin. Hebat betul tuh orang. Kalo temen2x gue alasannya supaya bisa langsung meluncur ketika lampu hijau. Eh pas gue pake satria fu dan gue praktekin, busyet dahhhh, jari gue pegel banget bro! Mending di netralin aja bro. Lumayan kan, tangan bisa istirahat. Daripada neken kopling terus? He...3x!
Sory bro, kalo tipsnya basi.

yup benar, nah tips sederhana yg bisa jadi masukkan buat temen2 disini (*lirik no-q yg nyela gue). memang lebih efisien kalo pas lamer gigi masuk NETRAL dan ketika hijau barulah kita geber naik ke Gigi 1. wah seru juga tadi pagi ngebesut motor kopling ... uhuyyyy ...........

Logged

KHCC 011
[ Motorcycling - Adventouring - Enjoying Life ]
http://andryberlianto.wordpress.com
http://www.jddc-online.com
no-q
Administrator
Belahan Jiwa KHCC
*

Reputasi: 3
Offline Offline

Posts: 2041


ohhh yeeahhh....


« Reply #8 on: August 04, 2008, 10:42:45 AM »

ya iyalah....kalo sayang ama kopling tuh motor,buat motor yg pake kopling tangan...sangat disarankan untuk menetralkan persneling jika posisi berhenti/lamer....
Logged

KHCC 009
darmo_susilo
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1812



WWW
« Reply #9 on: August 04, 2008, 11:22:19 AM »

Sebaiknya kalo dalam posisi berhenti di lamer atau di macet ria ... sangat disarankan untuk memposisikan netral pada perseneling gigi, disamping untuk menghemat kampas kopling dan juga kasian ama jari pegangin kopling terus menerus ... :D
Logged

KHCC.055
[/i]
MagS
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1039



WWW
« Reply #10 on: August 04, 2008, 03:32:28 PM »

Rasanye ane pernah liat di TV apa dimana yak lupa euy.......die bisa bikin kopling motor jadi lebih ringan ......waktu itu sikh dijelasin tapi kagak ane ingetin tukh.....mungkin Bro laen ada yg tau...
Logged

'Salam,
Agung144
KALO KETEMU NYANG BEGINI, COLEK AJEH YEEE'
darmo_susilo
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1812



WWW
« Reply #11 on: August 04, 2008, 03:45:55 PM »

Gung ... untuk bikin kopling motor jadi enteng, itu bisa diakalin dengan memberikan ganjelan pada panel leher kopling ... hal ini pernah gwe lakukan pada motor kopling gwe terdahulu. Memang bisa, diganjel ... tapi perlu bener2 perhitungan yang pas, karena dapat membuat kopling menjadi selip...:D
Logged

KHCC.055
[/i]
andry
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1379



WWW
« Reply #12 on: August 05, 2008, 07:49:30 AM »

agak berhubungan dengan belajar naik motor, berlaku bagi motor kopling manual maupun semi otomatis, case nya sbb :
50-100m jelang lamer dan bro melihat lampu sudah menyala merah, apa yang dilakukan bro pada gigi motor ?

<> jelang lamer sudah mulai menurunkan gigi saat motor berjalan 4 - 3 - 2 - 1 - N dan berhenti ATAU
<> jelang lamer ttp pada gigi terpakai dan baru menurunkan 4 - 3 - 2 - 1 - N saat motor sudah benar-benar berhenti

efektif mana dan apa alasannya ?
berpengaruhkah pada sistem kerja kopling ?

rgds.

Logged

KHCC 011
[ Motorcycling - Adventouring - Enjoying Life ]
http://andryberlianto.wordpress.com
http://www.jddc-online.com
darmo_susilo
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1812



WWW
« Reply #13 on: August 05, 2008, 08:48:03 AM »

Ndry ... pertanyaan loe teknikal banget, mendingan ente sendiri coba bedakan dengan 2 opsi tsb.
Pelan tapi pasti nanti ente tau sendiri perbedaan positif dan negatif'nya di setiap opsi....:D

Selamat Belajar Motor Bro .... 
Logged

KHCC.055
[/i]
andry
Cinta Sejati KHCC
*****

Reputasi: 0
Offline Offline

Posts: 1379



WWW
« Reply #14 on: August 05, 2008, 09:29:51 AM »

Ndry ... pertanyaan loe teknikal banget, mendingan ente sendiri coba bedakan dengan 2 opsi tsb.
Pelan tapi pasti nanti ente tau sendiri perbedaan positif dan negatif'nya di setiap opsi....:D

Selamat Belajar Motor Bro .... 

duduls ... malah ga dijawab .. nah ente gimana biasanya di lamer, atau bablas terus biasanya ? wakakkakaka

Logged

KHCC 011
[ Motorcycling - Adventouring - Enjoying Life ]
http://andryberlianto.wordpress.com
http://www.jddc-online.com
Pages: [1] 2   Go Up
  Print  
 
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.16 | SMF © 2011, Simple Machines
Black "&", Blue Theme By Wdm2005 © 2008
Valid XHTML 1.0! Valid CSS!
Page created in 0.059 seconds with 24 queries.
TinyPortal 1.0 RC1 | © 2005-2010 BlocWeb